• Selamat siang dokter. Saya nindi. Umur saya 18 th. Akhir akhir ini BB saya terus bertambah. Di samping itu saya sampai saat ini belum haid. Saya terakhir haid pd akhir bulan mei tanggal 28.an sampe juli ini belum juga haid. Apakah BB bertambah dapat mempengaruhi proses menstruasi saya dok. Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan terlambat haid sangat banyak, salah satunya memang karena faktor berat badan baik karena berat badan berlebih atau malah berat badan kurang. Pada kasus yang anda alami memang bisa saja terjadi karena pengaruh berat badan. Namun faktor berat badan yang dimaksud adalah perubahan berat badan yang ekstrim, misalnya menurun dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu singkat, atau pada kasus obesitas (kegemukan).  Hal ini terjadi karena perubahan berat badan yang ekstrim menyebabkan gangguan hormonal yang menyebabkan haid menjadi terganggu.

    Penyebab keluhan telat haid yang lainnya  juga bisa terjadi pada seseorang yang baru mengalami haid untuk yang pertama kalinya (menarche). Biasanya pada wanita ini, hormon masih belum stabil sehingga bisa menyebabkan keterlambatan haid. Faktor psikosomatis seperti stress, beban kerja atau pendidikan yang terlalu berat juga bisa menyebabkan keluhan telat haid. Aktivitas fisik yang terlalu tinggi tanpa disertai istirahat yang cukup juga bisa menyebabkan perubahan siklus mens. Masih banyak penyebab keluhan haid lainnya, termasuk adanya gangguan pada organ reproduksi. Untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Alasan Haid Telat Karena Berat Badan Bertambah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.