• Dok,  jadi sebelumnya saya tidak pernah ada riwayat alergi.  Waktu itu saya memakai lipstick dan biasa biasa saja,  sampai suatu ketika saya mengganti lipstick dengan warna yang baru nah besok besok nya di bibir saya muncul bruntus kecil kecil,  saya pikir itu hanya biasa saya tetap memakai dan makin banyak.  Lama lama bibir saya jadi menghitam dan seperti koreng gitu.  Terus saya berobat dan sudah normal lagi,  nah semenjak itu saya tidak memakai lipstik lagi/jarang tetapi bruntus itu muncul lagi dan siklusnya selalu gitu.  Jadi yang ingin saya tanyakan,  ini semacam alergi  atau bukan? Kalau alergi,  alergi karena apa sedangkan saya sudah tidak pernah memakai lipstik lagi? Terimakasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pertama – tama harus dipastikan apakah kondisi yang anda alami disebabkan oleh karena dermatitis kontak alergi atau iritasi. Gejala yang muncul pada kedua keadaan ini hampir sama yakni munculnya keluhan berupa rasa gatal, bengkak, panas, perubahan warna kulit seperti memerah kemudian menghitam dan lain sebagainya.

    Penyebab keduanya pun mirip yaitu akibat kontak dengan bahan – bahan tertentu, termasuk salah satunya adalah penggunaan lipstik. Untuk mengetahui penyebab pastinya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter terutama dokter spesialis kulit baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang.

    Keluhan yang masih sering berulang meskipun anda tidak menggunakan lipstik bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya karena masih ada bahan yang kontak dengan bibir anda yang menyebabkan iritasi/alergi, gejala sisa dari kondiso yang anda alami sebelumnua, bibir yang terlalu kering dan masih banyak lagi.

    Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang ada di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut ini: http://mediskus.com/penyakit/penyebab-alergi-kulit-ciri-ciri-dan-obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Alergi Apa yang Saya Derita?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.