• Dok, say tiap cuaca dingin sering flu
    flunya cair apalagi kalau dinginnya tu agak beda bisa flu seharian
    terus kelapala saya sering sakit setiap hari
    itu sakit apa ya dok??

    Selamat Malam Wulandari.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi mediskus.com. Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan yaitu berupa sering flu saat udara dingin dengan sekret (ingus) yang encer maka kemungkinan anda mengalami rhinitis alergi. Rhinitis alergi bisa terjadi karena adanya paparan alergen, misalnya suhu udara (misal : udara dingin di pagi hari hingga dinginnya AC), debu, bulu binatang, dsb. Beberapa keluhan yang sering dialami saat anda mengalami rhinitis alergi baik akibat alergi dingin ataupun karena sebab lainnya biasanya memiliki gejala yang sama, berupa:

    • Bersin – bersin
    • Keluar sekret (ingus) dari hidung. Sekret biasanya encer/ berair dan berwarna bening
    • Hidung gatal. Kadang juga disertai mata, mulut, tenggorokan, kulit yang terasa gatal
    • Mata berair
    • Jika keluhan ini berlangsung lama biasanya dapat disertai pula dengan nyeri kepala karena tertumpuknya sekret (ingus) di saluran pernapasan dan rongga sinus.

    Untuk mengatasi rhinitis alergi yang paling penting adalah dengan menghindari faktor pencetusnya yaitu hindari paparan terhadap alergen. Karena terapi utama dan termudah untuk mengatasi rhinitis alergi sebenarnya ada pada tahap pencegahan. Selain itu dapat dengan mengkonsumsi obat – obatan, salah satunya obat antihistamin, dan obat simptomatik lainnya sesuai dengan keluhan yang dirasakan oleh pasien.

    Ada baiknya jika memang keluhan sering berulang dan dirasa mengganggu aktivitas, anda lebih baik untuk berkonsultasi langsung ke dokter, baik dokter umum maupun spesialis THT untuk mendapat pemeriksaan dan terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Alergi Flu Cuaca Dingin

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.