• Ass..slmt mlm dok ,gni dok anak saya jrg sekali saya beri jajan sembarangan bahkan semua saya jaga dok tapi kok sering sekali batuk dan pilek dok,sembuh sbntar stlh itu batuk lgi, apa bisa dok karna alergi susu ,anak saya sy beri susu S26 procal gold , baiknya duberi susu apa yadok? Dan vitamin apa yg bagus buat staminanya dok. Terima kasih dok,slmt mlm

    Waalaikum salam ww wb. Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk pilek pada anak memang salah satu permasalahan yang acap kali muncul dan berulang terjadi pada anak – anak terutama di bawah usia lima tahun. Anak rentan terserang infeksi akibat daya tahan tubuh nya yang belum sebaik orang dewasa. Namun hal ini jangan menjadi momok yang menakutkan bagi orang tua. Perlakukan anak seperti biasa saja, jangan terlalu dipantang untuk makan segala macam makanan atau pun menjalankan aktivitas tertentu hingga malah membuat anak cenderung lebih rentan terhadap infeksi mikroorganisme akibat tidak pernah kontaknya anak dengan zat asing. Biarkan daya tahan tubuh anak beradaptasi dengan sendirinya, sehingga tumbuh kekebalan alamiah tubuh. Yang terpenting adalah menjaga asupan makanan anak dengan gizi yang seimbang, kebersihan yang cukup, perbanyak asupan cairan, serta istirahat yang cukup sesuai dengan kebutuhan.

    Batuk pilek pada anak biasanya sering terjadi minimal sebulan sekali. Selama tidak berkepanjangan ataupun tidak disertai demam ataupun keluhan lain seperti lemas, anak tampak lesu dan tak aktif bermain maka tak perlu dikhawatirkan terlalu serius.

    Pemberian susu formula yang anda berikan sekarang juga tak menjadi masalah sepanjang tak muncul keluhan yang berarti pada anak. Tidak semua keluhan gatal setelah pemberian makanan atau minuman tertentu terjadi akibat alergi. Seringkali hal ini akibat respon adaptasi tubuh anak terhadap makanan yang baru dikenalnya. Jika muncul keluhan alergi, makanan bisa distop selama beberapa hari lalu bisa dicobakan kembali kepada anak. Biasanya tubuh akan mulai beradaptasi sehingga tidak muncul kembali keluhan – keluhan gatal dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Alergi Susu pada Anak seperti Apa Gejalanya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.