• Permisi bpk/ibu dokter, saya mau tanya sekalian minta pendapat.

    Anak saya umur 1,2 tahun, sudah 1 minggu ini setiap sore/malam demamnya tinggi disertai dingin di telapak tangan dan kaki. Tapi sistem percernaannya normal, tidak diare/sembelit. Pagi/siang juga suhu tubuhnya normal, anaknya aktif seperti biasa. Cuman setiap sore/malam demamnya kembali lagi tinggi.

    Sudah dibawa ke dokter, katanya bukan gejala tipes atau DBD, jadi cuman dikasih paracetamol sama pereda batuk/pilek dan disarankan membersihkan daerah saluran kemihnya aja pakai air hangat.?
    Setelah dilihat, gigi (taring) atasnya baru tumbuh, bagian bawahnya masih bengkak.
    Apa pertumbuhan gigi anak ada pengaruhnya ke demam tinggi setiap sore/malam tadi dok? Atau ada penyakit lain yang jadi penyebabnya? Dan solusinya seperti apa dok?
    Terima kasih. Salam.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hampir tiap individu pernah mengalami kejadian demam, apalagi pada anak hal ini sering sekali terjadi. Oleh karena itu disarankan pada orang tua dengan anak kecil selalu menyiapkan termometer di rumah untuk memastikan suhu tubuh anak ketika dirasa suhu tubuh anak mengalami kenaikan. Definisi demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius. Perlu pengukuran suhu tubuh dengan termometer agar diketahui secara pasti apakah seseorang demam atau tidak sehingga tidak hanya sekedar menduga – duga.

    Penyebab demam pada anak sebenarnya sangat banyak sekali antara lain:

    • Dehidrasi atau kurang asupan cairan
    • Aktivitas anak yang terlalu tinggi pada pagi hingga siang atau sore hari juga bisa membuat anak kelelahan dan berdampak pada kenaikan suhu anak
    • Pada saat tumbuh gigi juga beberapa anak sering menjadi demam karena gusi biasanya memerah dan agak bengkak.
    • Infeksi di rongga mulut, misal akibat gigi berlubang, infeksi gusi (gingivitis), dan lain sebagainya
    • Infeksi saluran napas, baik akibat bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya. Biasanya disertai keluhan lain misal nyeri menelan, batuk, pilek, dsb
    • Infeksi saluran cerna, biasanya disertai gejala nyeri perut, gangguan BAB, dan lain sebagainya
    • Penyebab lainnya

    Untuk kasus anak anda, sebaiknya dilakukan observasi tinggi suhu tubuh anak. Umumnya jika karena tumbuh gigi maka kenaikan suhu tubuh anak tidak akan terlalu tinggi (jarang yang melebihi 38 derajat celsius). Perhatikan juga adakah keluhan lain yang dirasakan anak serta pastikan anak tetap aktif dan lincah seperti biasa. Jika demam kurang dari 38 derajat celcius, anak masih aktif dan lincah maka anda cukup observasi di rumah saja, berikan paracetamol dengan dosis 10 – 15 mg/kg BB per kali pemberian tiap 4 – 6 jam jika panas tidak turun, beri banyak asupan cairan, serta bantu kompres di dahi, ketiak dan lipat paha.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Anak Demam Tinggi Setiap Malam, Tapi Percernaan Masih Normal, Gejala Apa Dok?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.