• Dok. Anak saya umur 4 thn 4 bln 19,5kg.

    Anak saya panas 40°c. Sudah ke dokter dua kali. Tapi obat itu sepertinya tidak mempan. Kalo sedang panas dikasi obat tidak berpengaruh. Tapi panasnya naik turun temp nya. Tidak ada tanda DBD.  Gejala apa ini dok? Apa perlu ke UGD?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Informasi yang anda sampaikan masih kurang lengkap sebenarnya. Demam bisa disebabkan oleh banyak hal. Karakteristik demam seperti apakah demam naik turun atau tinggi mendadak, apakah demam terus menerus tiap hari atau tidak, waktu munculnya demam serta keluhan lain yang menyertainya dapat membantu menentukan penyebab demam.

    Demam bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab antara lain karena infeksi. Infeksi bisa disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, ataupun mikroorganisme lainnya. Kesemuanya bisa menyebabkan keluhan tersebut. Demam juga bisa disebabkan karena penyakit keganasan, karena kekurangan cairan (dehidrasi) dan masih banyak lagi.

    Penyebab demam yang tersering adalah infeksi. Namun jika demam baru berlangsung kurang dari 3 hari umumnya masih belum bisa diketahui dengan pasti penyebab infeksi nya karena gejala yang hampir mirip. Oleh karena itu untuk tatalaksana awal yang diberikan untuk anak demam antara lain dengan pemberian obat penurun panas misal paracetamol dengan dosis 10 – 15 mg/kgBB bisa diberikan tiap 4 jam jika panas tak turun juga atau bisa diberikan ibuprofen untuk menurunkan panas. Bantu kompres anak dengan air hangat (air biasa) di dahi, leher, ketiak dan lipat paha serta perbanyak asupan cairan pada anak agar anak tak kekurangan cairan.
    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Jika memang terlihat tanda emergensi pada anak bisa diperiksakan ke UGD RS untuk mendapat penanganan segera.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Cara Mengatasi Anak Panas 40°c

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.