• Dokter, anak perempuan saya yang berumur 9 thn sudah 10 hari terakhir ini  setiap bangun pagi mual dan muntah. Sudah berobat ke 2 orang dokter, tetapi analisanya mungkin salah makan… selama makan obat dokter, mualnya hilang, tetapi setelah obatnya habis, mualnya kembali datang.

    Kemana saya harus periksakan anak saya  dokter? Apakah perlu di USG atau cek darah?

    Mohon petunjuk dari Dokter.

    Terima kasih.

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan mual dan muntah memang sering sekali dialami oleh beberapa individu mulai dari anak – anak hingga orang dewasa. Keluhan ini umumnya sangat mengganggu, apalagi jika terjadi pada anak. Pada anak – anak ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Gastroenteritis atau infeksi pada saluran cerna. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus, parasit ataupun mikroorganisme lainnya. Keluhan yang muncul selain mual dan muntah umumnya juga disertai adanya diare.
    2. Alergi ataupun iritasi makanan. Beberapa makanan cenderung menyebabkan terjadi alergi ataupun iritasi makanan dengan keluhan berupa mual, muntah dan sakit perut. Makanan yang sering menimbulkan alergi antara lain terlur, susu, kedelai, ikan dan lain sebagainya.
    3. Cemas dan stress juga bisa menimbulkan keluhan ini. Bukan hanya orang dewasa, anak – anak pun bisa mengalami stress dan kecemasan misal karena tugas sekolah, ujian, permusuhan dengan teman dan lain sebagainya.
    4. Keracunan makanan juga bisa menyebabkan keluhan ini. Umumnya mual dan muntah terjadi tak lama setelah makan makanan tertentu penyebab keracunan.
    5. Makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan keluhan mual dan muntah. Hal ini juga kerap kali terjadi pada anak, apalagi anak jarang bisa mengontrol keinginannya.
    6. Penyebab lainnya

    Jika keluhan sering berulang maka bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter, khususnya dokter spesialis anak. Perlu tidaknya pemeriksaan penunjang seperti cek darah dan lain sebagainya tergantung dari hasil pemeriksaan fisik yang telah dijalani.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Mual Setiap Bangun Pagi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.