• Dok anak saya rewel sudah 2 hari, panasnya naik turun, usianya 9 bln, dan blm pernah tumbuh gigi, apakah mau tumbuh gigi? Tolong sarannya ya dok

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bayi merupakan makhluk mungil yang belum bisa menyampaikan apa yang ia rasakan sehingga ketika ada sesuatu hal yang membuatnya menjadi tak nyaman maka akan menyebabkan bayi gelisah dan rewel. Bayi rewel bukan hanya karena masalah serius saja, hal ringan yang membuatnya tak nyaman pun akan membuatnya menangis terus menerus, misalnya saat ia kehausan, merasa kepanasan dan lain sebagainya. Pada kasus anak anda dimana bayi anda berusia 9 bulan dan mengalami keluhan demam maka hal ini biasanya akan membuat bayi menjadi gelisah dan tak tenang. Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menyampaikan berapa suhu tubuh anda saat ini. Sebaiknya orang tua melakukan pemeriksaan suhu tubuh anak dengan menggunakan termometer sehingga hasilnya lebih akurat dibanding hanya merasakan dengan tangan saja.

    Penyebab demam beraneka ragam, antara lain:

    1.       Anak kelelahan fisik karena terlalu lama bepergian, bermain dan lain sebagainya.

    2.       Gigi yang akan tumbuh juga sering menimbulkan demam karena gusi yang bengkak.

    3.       Infeksi merupakan penyebab paling sering penyebab demam pada anak, baik karena bakteri, virus dan lain sebagainya.

    4.       Penyebab lain

    Ada baiknya anda memeriksakan kondisi anak anda ke dokter jika dalam 3 hari demam tak juga menurun. Sebelumnya anda bisa memberikan obat penurun panas misalnya paracetamol dengan dosis 10-15mg/kGBB/ kali pemberian.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anak Rewel dan Panas, Apakah Mau Tumbuh Gigi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.