• Pagi dok, saya mau nanya anak saya sempat demam tinggi, muntah juga saya sudah bawa periksa ke rs katanya gejala thipus tapi 4 hari demamnya reda dan tiba-tiba kemarin demamnya tinggi sekali dan muntah sampai ini hari. Tidak ada nafsu makan, badannya pegal, sakit kepala, badannya ada muncul bintik merah tapi tidak banyak. Kira-kira anak saya DBD atau penyakit apa dok?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam bisa disebabkan oleh banyak hal. Penyebab paling sering memang karena infeksi. Namun perlu anda ketahui ada berpuluh – puluh atau malah lebih penyakit yang disebabkan oleh infeksi sehingga memang perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik pemeriksaan fisik maupun penunjang guna memastikan penyebab keluhan anak anda.

    Typus merupakan penyakit infeksi bakteri akibat Salmonella typhi yang bisa menimbulkan keluhan demam selama tujuh hari atau lebih. Keluhan lain bisa berupa mual, muntah, nyeri sendi dan lain sebagainya. Untuk memastikan seseorang terkena tipus atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan penunjang misalnya tes widal, uji tubex hingga pemeriksaan kultur darah.

    Demam berdarah dengue juga merupakan penyakit infeksi yang memiliki keluhan demam selama kurang lebih 5 hingga 7 hari. Keluhan lain juga mirip dengan penyakit infeksi lainnya seperti nyeri sendi, mual, dan masih banyak lagi. Untuk memastikan seseorang terkena DBD perlu dilakukan pemeriksaan darah.

    Selain dua penyakit di atas, masih banyak kemungkinan lainnya. Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dikonsultasikan secara langsung dengan dokter yang menangani anak anda karena tentu beliau yang lebih tahu.

    Silakan baca link terkait keluhan anak anda:

    Demam Karena Demam Berdarah Dengue

    http://mediskus.com/?s=demam+berdarah

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Anak Demam Tinggi 3 Hari yang Lalu, Sekarang Demam Tinggi Lagi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.