• Bolehkah kasih obat flu saat anak sakit cacar air? saat ini saya hanya kasih vitamin dan parasetamol axion 250 ml.. cacarnya tidak gatal tetapi menyebabkan nyeri dan sakit untuk nelan katanya.. antihistamin apa yang bisa saya berikan yah dok?..makasih sebelumnya.

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Varicela atau disebut juga sebagai cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus varicella herpes zoster yang sering mengenai anak – anak. Gejala nya antara lain lenting atau bentol berisi air yang menyerupai tetesan embun biasanya sebesar biji jagung. Awalnya keluhan lenting berisi air didahului oleh demam yang cukup tinggi, badan lemas, hingga akhirnya timbul ruam kulit berisi air yang lama kelamaan akan mengering dan terbentuk krusta berwarna coklat kehitaman.

    Ruam kulit umumnya muncul di punggung, dada, lengan, tungkai, dan wajah dan bagian tubuh lainnya. Keluhan cacar juga bisa disertai pembesaran kelenjar getah bening (KGB). Cacar air bisa sembuh sendiri tergantung dari daya tahan tubuh pasien. Makin baik daya tahan tubuh pasien maka lebih cepat penyembuhannya. Pengobatan cacar air umumnya hanya berupa terapi simptomatik untuk mengurangi gejala, misalnya diberikan paracetamol untuk mengatasi keluhan demam. Obat anti histamin misalnya CTM, cetirizin, dll juga bisa diberikan untuk mengurangi gatal. Selain itu juga bisa diberikan bedak salicil untuk mengurangi rasa gatal pada lenting yang belum pecah agar tak digaruk. Pemberian krim acyclovir juga perlu untuk lenting – lenting berisi air tersebut ataupun krim antibiotik jika ada infeksi sekunder.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu. Terima kasih.

    Terimakasih banyak dokter atas jawabannya..jazakallah kheir..semoga kebaikan anda dibalas Allah swt..aamiin

Beranda Tanya Dokter Obat Flu Saat Cacar Air

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.