• Selamat malam dok

    Nama saya lina perempuan berusia 19 tahun saya sudah 4 harian sakit anyang anyangan awalnya hanya volume kencing sering tapi hanya sedikit saya biarkan hanya minum air putih yang banyak ,, tapi kok lama2 kencing saya ada darahnya ya dok dan pinggang sebelah kanan saya terasa sakit sekali , saya baca di artikel gejalanya sangat mirip batu ginjal , saya takut periksa apakah batu ginjal bisa di sembuhkan ????

    Tolong sarannya dok terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing disertai keluhan air kemih berdarah (hematuria) dan nyeri di perut bagian kanan bisa disebabkan karena beberapa hal, misalnya infeksi saluran kemih. Jika disebabkan karena infeksi saluran kemih umumnya disertai demam yang kadang tinggi. Selain itu bisa juga disebabkan karena batu pada saluran kemih. Posisi batu bisa di ginjal kanan atau di ureter kanan. Keluhan nyeri karena batu umumnya berupa nyeri kolik yang munculnya hilang timbul. Namun untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda memang harus dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang yag dibutuhkan. Untuk infeksi saluran kemih perlu dilakukan pemeriksaan urin atau kultur urin, untuk batu saluran kemih perlu dilakukan pemeriksaan radiologi, USG dan lainnya.

    Jika memang keluhan anda disebabkan karena batu saluran kemih maka penatalaksanaan yang dilakukan bisa berupa dengan obat – obatan penghancur batu ataupun dengan tindakan pembedahan. Namun hal ini juga ditentukan dengan ukuran batu, lokasi dan lain sebagainya. Untuk itu sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan yang sesuai dengan kondisi anda sehingga dapat segera diketahui diagnosis penyakit anda. Semakin cepat terdiagnosis maka akan semakin baik untuk proses penyembuhan keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Anyang Anyangan Tak Kunjung Sembuh

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.