• Dok saya nurul umur 15th, kalau sedang upacara saya tidak kuat berdiri lama, dan saya sering lemas, pusing, sesak napas, mual, keringat dingin, pandangan mulai kabur, dan telinga berdengung & sakit. bukan cuma upacara doang dok, saat beraktivitas lainnya juga terkadang seperti diatas dok, apa ini anemia?

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Anemia merupakan kondisi dimana kadar eritrosit atau hemoglobin dalam darah kurang dari normal. Hemoglobin merupakan komponen penting yang terkandung dalam sel darah merah (eritrosit) karena kemampuannya untuk mengikat oksigen dan membawanya ke jaringan. Jadi jika kadar hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh kita kurang maka kebutuhan oksigen jaringan kita pun tidak akan tercukupi. Anemia bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena darah yang banyak keluar saat menstruasi, asupan makanan yang kurang (terutama pada anak – anak, remaja, vegetarian, dan ibu hamil), penyakit perdarahan, dan masih banyak lagi.

    Beberapa keluhan yang akan sering muncul akibat anemia antara lain berupa:

    1. Pucat, bisa terlihat dari konjungtiva mata, mukosa mulut, telapak tangan.
    2. Mudah lelah.
    3. Sering mual
    4. Sakit kepala juga sering menjadi keluhan anemia
    5. Sesak napas bisa menjadi keluhan anemia akibat kekurangan kadar oksigen dalam darah.
    6. Denyut jantung tidak teratur. Umumnya jantung sering berdebar karena jantung berdenyut cepat untuk memompa darah lebih banyak dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan oksigen tubuh
    7. Menurunnya sistem imun tubuh
    8. Gejala lainnya

    Untuk memastikan anda mengalami anemia atau tidak harus dilakukan pemeriksaan kadar hemoglobin darah. Silakan periksakan diri anda secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Ini Anemia?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.