• ass dok knp sy srng skli mrasakan pusing dan sring skli mrasakan sesak nafas

    Selamat siang, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pusing dan sesak nafas memang bagian dari beberapa gejala anemia. Namun pusing dan sesak nafas juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.

    Bagaimana bisa mengetahui anemia atau bukan?

    Anemia adalah kondisi seseorang yang memiliki kadar hemoglobin darah di bawah nilai normal. Hemoglobin adalah sejenis protein yang terdapat dalam sel darah merah kita dan yang memberi warna merah pada darah.

    Tugas hemoglobin pada sel darah merah adalah mengangkut oksigen yang berasal dari paru-paru dibawa ke seluruh sel-sel tubuh. nilai normal hemoglobin pada orang dewasa berkisar antara 12-16 gr/dL. Apa jadinya bila kadar hemoglobin di bawah normal? maka sudah pasti akan mengganggu fungsi tubuh itu sendiri.

    Bisa kita amati bahwa ciri-ciri anemia antara lain: jika kantung mata kita buka di hadapan cermin maka akan terlihat pucat, bibir pucat, kulit pucat, badan lemas, lesu, mudah mengantuk, pusing dan sesak nafas.

    Untuk memastikannya maka diperlukan pemeriksaan darah untuk melihat kadar hemoglobin.

    Lebih lanjut mengenai Anemia

    Adapun penyebab pusing dan nyesek lainnya yaitu sering telat makan dan adanya gangguan pada lambung atau asam lambung yang meningkat. Jika ini terjadi, maka gejala utama lainnya yaitu rasa sakit pada ulu hati.

    Lebih lanjut mengenai Sakit Maag

    Sekian, semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Apa Ini yang Dinamakan Anemia

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.