• Dok saya mau tanya .. anak saya batuk ..tapi sering dan kayak yang sesak .. di kasih madu apa bisa .. madu saja boleh gak dok?trims

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk sebenarnya terjadi akibat mekanisme adaptasi tubuh, dalam hal ini adalah saluran pernafasan, untuk mengeluarkan zat asing dari dalam salurannya. Batuk merupakan reaksi normal tubuh untuk membersihkan saluran udaranya. Namun batuk juga sering menimbulkan kekhawatiran terutama pada orang tua yang memiliki bayi dan anak kecil. Ada beberapa penyebab batuk, yang paling sering adalah akibat terhirup benda asing, zat iritatif (misalnya asap rokok, debu, asap kendaraan dan lain sebagainya) serta karena infeksi saluran pernapasan. Infeksi saluran napas ini bisa akibat infeksi virus, bakteri maupun jamur.

    Tidak semua keluhan batuk pada anak membutuhkan pengobatan, apalagi antibiotik. Jika batuk pada anak akibat terhirup benda asing dan zat iritatif maka penatalaksaan terpenting adalah dengan menghindari paparan zat – zat tersebut. Jika akibat infeksi virus, maka pengobatan hanya bersifat simptomatik, misalnya dengan pemberian obat batuk yang bisa dibeli bebas seperti OBH sirup anak, Gliceril guaiacolate, ambroxol dan lain sebagainya.

    Untuk bahan – bahan alami misalnya madu, perasan jeruk nipis dan lain sebagainya juga bisa diberikan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi keluhan gatal pada tenggorokan. Namun jika batuk pada anak berlangsung terus menerus, apalagi jika berlangsung 3 hari atau lebih dengan disertai keluhan lain seperti demam, pilek dan lain sebagainya maka perlu diperiksakan secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab batuk serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Obat Batuk Sesak untuk Anak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.