• pagi dokter, 2 minggu lalu saya membersihkan toilet dgn menggunakan “vix*al” cairan perontok kerak toilet dan tidak sengaja menghirup uapnya. Esok hari hidung saya berdarah disertai pilek akut. Pilek hanya kumat pagi dan malam, ingus yg keluar keras menggumpal hijau kuning campur darah lumayan banyak, lalu saya batuk2 kering dan gatal efek dari infeksi di hidung. Dokter bilang ini rhinitis ispa, sy diberi obt pereda batuk jenis hufallerzine tp tidak sembuh juga.. Obat apa yg harus sy minum dok? 

    Selamat siang, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Pada kondisi seperti itu Anda dianjurkan untuk banyak minum cairan, baik air putih ataupun jus buah dan sejenisnya. Adapun obat-obatan yang diberikan tujuannya untuk mengurangi gejala dan penderitaan.

    Jika batuk yang dirasakan adalah batuk kering dan terasa begitu gatal, maka obat yang diperlukan adalah anti alergi golongan histamin seperti cetirizine, loratadin, ctm, dan sebagainya. Untuk menekan batuk bisa menggunakan obat Dekstrometorfan.

    Namun ingatlah bahwa obat-obat di atas memiliki efek samping, dan jangan diminum bersamaan dengan obat yang diberikan dokter. Kami lebih menyarankan untuk menggunakan pengobatan alami batuk kering yang tak kalah dengan obat-obat tersebut adalah madu. Minumlah 2 sendok makan madu di pagi hari, siang, dan malam sebelum tidur. Jika suka boleh ditambah jeruk nipis atau lemon.

    Cermati setiap gejala yang muncul, apabila timbul demam atau sakit di daerah tulang wajah sekitar hidung, atau sesak nafas, maka kembalilah ke dokter.

    Terimakasih.

     

Beranda Tanya Dokter Apa Obat Batuk yg Baik untuk Rhinitis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.