• Dok, saya terkena infeksi telinga, lalu berobat dan sembuh, tapi setelah 2,5 bulan kemudian muncul lagi tanpa tahu penyebabnya. Mohon pencerahannya, mengapa terjadi demikian? Apakah ada makanan yang di larang bagi yang terinfekasi telinga dan aktifitas apa yang di larang selain renang?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi telinga seperti apa yang anda alami? Karena sebenarnya infeksi telinga banyak penyebabnya dan bisa terjadi di telinga luar, tengah hingga dalam. Jika yang terjadi pada anda akibat infeksi telinga luar (otitis eksterna) atau pun infeksi telinga tengah (otitis media) maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Infeksi pada telinga luar dan tengah sering disebabkan karena kebaisaan pasien yang salah seperti kebiasaan mengorek- ngorek telinga, baik dengan cotton bud ataupun dengan jari tangan, sehingga menyebabkan liang telinga iritasi dan luka hingga pada akhirnya kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi. Selain itu kebiasaan berenang, atau daya tahan tubuh yang menurun juga bisa menyebabkan keluhan ini berulang. Pada otitis media, sering juga terjadi akibat infeksi saluran napas yang tak diobati dengan baik sehingga mengalami penjalaran ke telinga. Sehingga ada baiknya anda menghindari hal – hal atau kebiasaan di atas.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang tertentu. Anda bisa memeriksakan telinga anda ke dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) untuk memastikan penyebab keluhan serta mendapatkan terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Pantangan untuk Infeksi Telinga?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.