• Assalamualaikum. Maaf dok, saya mau tanya, kemarin siang saya gak makan, makan lagi jam 7 malam. Terus hari ini saya makan normal, pagi siang sore. Siang td saya makan nasi, 2 jam selanjutnya saya makan mie. Setelah makan tadi, perut saya sakit, minum obat promag dan muntah2, seperti org muntaber. Saya minum teh udah agak mendingan, tapi masih ada sakitnya dok. Jadi kira2 penyebab dan solusinya apa ya dok? Sebelumnya terimakasih, wassalam.

    Waalaikum salam ww wb. Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri perut disertai muntah sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya infeksi saluran cerna, dispepsia (sakit maag), intoksikasi (keracunan makanan) dan lain sebagainya.

    Untuk kasus anda mungkin saja keluhan tersebut terjadi akibat peningkatan asam lambung sehingga menyebabkan dispepsia. Keluhan tersebut mungkin dicetuskan karena pola makan anda yang tak teratur sebelumnya dimana anda tidak makan lebih dari 6 jam sehingga membuat lambung anda kosong tak mencerna makanan sama sekali. Akibatnya asam lambung yang diproduksi oleh lambung malah membuat iritasi mukosa lambung saudara.

    Individu yang mengalami dispepsia juga disarankan tidak makan dalam jumlah sekaligus banyak karena malah membuat perut terlalu penuh dan meningkatkan tekanan dalam perut sehingga merangsang muntah. Hal ini bisa dilihat dari riwayat anda makan keesokan harinya dimana setelah makan nasi, dua jam berikutnya perut sudah diisi oleh mie lagi. Apalagi mie memang diketahui menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan asam lambung dan membuat perut terasa begah. Hal ini merangsang anda muntah dan perut terasa nyeri akibat asam lambung yang meningkat.

    Namun hal ini tetap harus dipastikan dengan pemeriksaan secara langsung ke dokter untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda. Jika memang karena dispepsia, maka terapi yang diberikan bisa dengan antasid, obat golongan anti histamin seperti ranitidin, obat golongan proton pump inhibitor seperti omperazole, ataupun obat lainnya. Silakan diperiksakan terlebih dahulu ke dokter di tempat anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Sakit Perut dan Solusinya Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.