• dok, saya mau tanya, sudah dua hari ini saya selalu muntah setelah saya makan. selain itu saya saat ini juga sedang terkena batuk dan flu. saya kenapa dok? . dugaan saya saya stres. terima kasih. salam hangat dari saya.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Muntah bisa disebabkan oleh banyak hal. Faktor psikosomatis seperti rasa cemas berlebihan, stress juga bisa menimbulkan keluhan mual bahkan hingga muntah. Hal ini bisa dialami mulai dari anak hingga orang dewasa. Stress yag tinggi juga bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga timbullah gejala dispepsia berupa mual, muntah, nyeri perut ataupun gejala lainnya. Namun masih banyak penyebab muntah lainnya seperti saat Seseorang mengalami infeksi pada saluran cerna juga bisa menyebabkan keluhan ini. Jika karena infeksi maka biasanya ada gejala lain yang menyertai seperti demam dan lainnya.

    Batuk dan pilek biasanya terjadi karena infeksi saluran napas baik atas atau saluran napas bawah. Pasien – pasien dengan kondisi imun tubuh yang menurun juga lebih mudah terserang flu.

    Untuk pengobatan awal anda bisa mengkonsumsi obat penghilang batuk dan pilek yang dijual bebas seperti panadol, hufagrip dan lainnya. Untuk keluhan muntah yang anda rasakan bisa diberikan vitamin B6 terlebih dahulu. Jika keluhan berlanjut ada baiknya anda memastikan kondisi anda untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa ditegakkan diagnosis dari keluhan yang anda alami serta mendapat terapi yang tepat sesuai kondisi anda. Perbaiki juga pola hidup anda sehari – hari.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Muntah Setelah Makan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.