• Met pagi dok..saya mau tanya soal gatal..awalnya gatal dibokong lama kelamaan makin meluas sampai lipatan pangkal paha belakang,dulu pernah sembuh tapi kambuh lagi..ada yang bilang itu eksim,ada juga yang bilang itu gudik.

    Yang ingin saya tanyakan apa ya dok perbedaan eksim dan gudikan

    Kira kira obat eksim dan gudik yang ampuh yang dijual diapotik apa ya dok.

    Terimakasih sebelumnya

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal pada tubuh seringkali dialami oleh beberapa individu dan seringnya keluhan tersebut terjadi hilang timbul. Keluhan gatal bisa terjadi pada seluruh anggota tubuh namun seringkali dialami di daerah bokong, lipat paha dan selangkangan. Penyebab keluhan gatal ini sebenarnya sangat beraneka ragam dan baru bisa diketahui penyebabnya dengan melihat gambaran klinis secara langsung pada kulitnya dan kadang juga butuh pemeriksaan penunjang yang tepat untuk menentukan diagnosisnya.

    Beberapa kemungkinan penyebab gatal yang mungkin timbul antara lain:

    1. Dermatitis atau biasa disebut eksim. Dermatitis sebenarnya ada beberapa macam penyebab, yang paling sering adalah karena alergi. Rasa gatal menjadi keluhan utama yang muncul kadang disertai bintik – bintik kecil, kemerahan dan lain sebagainya.
    2. Infeksi akibat parasit, misalnya saja skabies (atau biasa disebut gudik). Penyakit skabies (gudik) disebabkan oleh Sarkoptes scabei dan bisa menularkan ke anggota keluarga atau teman sepermainan pasien. Keluhan yang muncul berupa gatal terutama di malam hari, muncul bintik – bintik di kulit dan lain sebagainya.
    3. Infeksi jamur misal candidiasis ataupun tinea kruris. Merupakan penyakit jamur yang memiliki gambaran klinis berupa gatal dan juga lesi di kulit.

    Ada baiknya anda memeriksakan secara langsung ke dokter agar dapat ditentukan diagnosis pastinya. Keberhasilan terapi tergantung dari ketepatan diagnosis. Jika salah terapi, maka keluhan kulit bukannya menghilang malah bisa makin parah.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Perbedaan Antara Eksim dan Kudis (gudikan)

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.