• Hallo dok. Saya wanita umur 22th sudah pernah berhubungan seks. Di dalam miss v saya tepatnya di mulut rahim terdapat benjolan kecil dengan diameter sekitar o,5cm. Tidak membesar, mengecil, ataupun sakit. Itu sudah ada sejak saya umur 18 tahun.

    Siklus haid saya memang tidak pernah normal. Sejak setahun lalu saya mengalami masalah keputihan (bermula ketika saya menggunakan celana dalam baru tanpa dicuci terlebih dahulu) setelah itu keputihannya selalu muncul hilang. Keputihannya sedikit gatal tapi tidak sampai berwarna lain atau berbau busuk.

    Hari ini ketika saya meraba benjolan tadi, disebelahnya terdapat benjolan kecil seperti berisi air yang jika saya tekan akan pecah (saya sudah mengalamin ini beberapa kali sebelumnya). Pertanyaan saya, apakah ini tanda dari kanker serviks? Dan berapakah biaya untuk papsmear? Terima kasih dok. 

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Benjolan pada vagina bisa terjadi karena beberapa sebab antara lain karena kista bartholin, atau kelenjar vagina lainnya yang membesar, akibat infeksi pada folikel rambut vagina atau karena penyebab lainnya. Kanker serviks atau kanker leher rahim sendiri memiliki beberapa keluhan yang dapat muncul antara lain berupa:

    1. Perdarahan dari vagina yang sering muncul di luar siklus menstruasi yang seharusnya
    2. Siklus mens yang memanjang
    3. Perdarahan dari kemaluan  saat berhubungan intim, pemeriksaan panggul dan lain sebagainya (mudah berdarah)
    4. Nyeri saat berhubungan seks
    5. Keputihan yang tidak normal
    6. Berat badan yang semakin menurun
    7. Badan lemah dan mudah lelah
    8. Sakit punggung
    9. Gejala lainnya

    Namun pada tahap awal seringkali tidak ada gejala yang muncul dari penyakit ini. Oleh karena itu disarankan seorang wanita yang telah aktif secara seksual untuk rajin memeriksakan organ intimnya. Bisa dilakukan pemeriksaan IVA dan juga papsmear.

    Untuk harga berbeda – beda tergantung RS tempat pemeriksaan, kota tempat dilakukan pemeriksaan dan lainnya. Untuk mengetahui harganya anda perlu menentukan terlebih dahulu dimana anda melakukan pemeriksaan. Puskesmas atau rumah sakit negeri tentu lebih murah dibandingkan praktik pribadi dokter atau klinik swasta.

    Silakan baca artikel berikut:

    12 Ciri dan Gejala Kanker Serviks

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Benjolan di Mulut Rahim Sudah Berarti Kanker Serviks?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.