• dok, mau tanya. pasangan saya haid mulai tanggal 24 septemper, dan tanggal 14 oktober kami berhubungan. lalu tanggal 24 oktober pasangan saya belum haid lagi. apa ada kemungkinan dia hamil? makasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telat haid memang menjadi salah satu keluhan yang muncul pada wanita yang hamil. Namun keluhan ini bukan satu – satunya tanda pada kehamilan. Untuk memastikan seseorang hamil atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan tambahan. Karena telat haid bisa juga terjadi pada banyak keadaan misalnya akibat kelelahan fisik dan mental, stress berat, asupan makan yang kurang, kegemukan, efek samping KB hormonal, kista di ovarium, tumor rahim  dan penyakit organ reproduksi lainnya.

    Kehamilan bisa dipastikan dengan melakukan pemeriksaan USG kehamilan untuk melihat kantung kehamilan yang ada di rahim ibu. Selain itu adanya detak jantung janin juga menjadi tanda pasti kehamilan. Keluhan – keluhan seperti telat haid, mual dan muntah, nafsu makan bertambah, perut membesar, flek kecoklatan menjadi tanda mungkin hamil karena keluhan – keluhan ini terjadi juga pada kondisi lainnya. Begitu pula dengan tes kehamilan. Alat ini bisa menunjukkan hasil positif palus atau negatif palsu. Tanda positif palsu bisa terjadi pada kehamilan di luar kandungan dan juga mola hidatidosa. Tanda negatif palsu bisa terjadi pada awal kehamilan dimana kadar hormon HCG belum terlalu meningkat sehingga belum bisa terdeteksi dengan tes pack. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Silakan baca artikel berikut:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Berhubungan di Hari Ke 20 Siklus Menstruasi Bisa Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.