• Selamat , pagi Dok. Saya ingin bertanya saya pernah mengalami batuk selama 2 minggu tapi sekarang sudah sembuh. tetapi karena profesi saya sering kontak langsung dengan penderita tbc dan terkadang tidak memakai apd, saya mengalami pilek dan slalu berdahak tanpa disertai gejala batuk. mengenai pilek saya
    sudah sejak tahun 2012 tetapi dokter saya bilang faktor alergi seperti asap, debu, dingin, tdk boleh menggunakan ac kipas dsb. tetapi karna faktor cuaca
    saya slalu menggunakan ac ato kipas.

    saya ingin bertanya apakah dahak saya berhub. dngn cairan pleura yg menumpuk di paru ato karna pilek saja? karena saya terkadang suka sesak nafas, apakah rasa sesak ini karena faktor salah makan yg mengakibatkan dyspepsia saya kambuh secara berulang?

    Saya harus melanjutkan konsul ke dr.penyakit dalam atau THT, dok?

    terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Batuk merupakan respok alamiah tubuh untuk mengeluarkan benda asing misalnya dahak yang ada di saluran napas. Batuk bisa terjadi karena respon normal tubuh namun bisa juga disebabkan oleh penyakit tertentu. Keluhan yang anda alami sebenarnya masih memiliki banyak kemungkinan, baik terjadi karena respon alergi misal akibat debu, asap dan lain sebagainya. Hal ini bisa terkait dengan pekerjaan atau aktivitas anda sehari – hari, misal karena menggunakan motor dalam beraktivitas, tinggal atau kerja di kawasan industri yang penuh debu dan lain sebagainya. Selain itu kemungkinan lainnya juga bisa muncul akibat infeksi pada saluran napas anda, baik karena rinitis alergi, TBC dan lain sebagainya.

     

    Oleh karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Untuk memastikan sumber atau lokasi penumpukan dahak atau lendir berasal dari rongga hidung atau bersumber dari paru – paru butuh dilakukan pemeriksaan secara langsung, minimal dengan pemeriksaan fisik dan jika kurang bisa terdeteksi, maka perlu dilakukan pemeriksaan penunjang yang berkaitan. Tidak bisa hanya menduga – duga asal penyebabnya berdasarkan informasi singkat di forum ini. Pengobatan keluhan anda sendiri tergantung dari penyebab keluhan tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Dahak Saya Berasal dari Cairan Pleura

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.