• dok, mau tanya, kamis kemarin anak saya baru keluar dari RS karena DBD Dengue..dan hari ini selasa siang (5hr setelah keluar RS) badannya panas lagi (minum proris, turun demam nya). Apakah ada kemungkinan DBD itu datang lagi?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam berdarah dengue merupakan penyakit infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti sebagai vektor pembawanya. Pasien yang sebelumnya menderita demam berdarah dengue tentu masih bisa mengalami kembali penyakit tersebut jika memang terjadi penularan kembali lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti yang membawa virus dengue tersebut. Namun memang untuk menegakkan kembali diagnosis DBD harus terpenuhi kriteria – kriteria klinis yang muncul seperti:

    • Demam tinggi mendadak selama 5 hingga 7 hari
    • Adanya perdarahan spontan yang terlihat dari adanya bercak – bercak merah pada kulit (petekie), mimisan, gusi berdarah, perdarahan lambung dan sebagainya
    • Kemungkinan adanya hepatomegali (pembesaran hepar)
    • Selain minimal dua kriteria klinis diatas perlu 2 kriteria laboratoris yang terpenuhi yaitu adanya trombositopenia (penurunan kadar trombosit) dan peningkatan hematokrit.

    Pada kasus demam kembali pada anak anda mungkin juga bisa karena sebab lain apalagi demam baru berlangsung 1 hari. Anda tidak perlu terlalu panik, yang paling penting adalah berikan obat penurun panas, perbanyak asupan cairan anak anda agar tidak terjadi dehidrasi,kompres dengan air biasa (agak hangat) pada dahi, ketiak dan lipat paha serta observasi keadaan umum anak. Selama anak masih aktif bermain dan asupan cairan banyak maka anak masih dalam kondisi aman. Silakan periksakan langsungbke dokter jika memang keluhan memberat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    dok,

    ada kemungkinan ga klo anak salah makan/jajan bisa bikin demam?

    thx
    mei

Beranda Tanya Dokter Apakah DBD Bisa Datang Menyerang Kembali?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.