• Pagi dok.. Saya mau tanya… Sudah 5 hari ini anak saya laki2 4,10 bulan. Sakit, panas hari 1 s/d 2 tinggi, 36.5 drajad. Pada hari ke 3 panas turun,langsung saya cek darah. Kata dokter bagus,tidak ada apa2. Tp sampai hari ini (03-03-2016), hari ke 5 badan nya lemes trus, maunya tidur, makan/minum tidak mau, tidak ada titik tanda merah di badan sudah saya periksa.

    Apakah ini gejala DBD dok, tolong penjelasan nya. Trimakasih.

    Kim.
    Jakarta-Utara.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,50C. Jika yang anak anda alami kurang dari suhu tersebut maka bukan termasuk demam. Keluhan demam penyebabnya sangat banyak sekali, yang paling sering adalah karena infeksi baik infeksi bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Peningkatan suhu tubuh anak yang tinggi mendadak seringnya disebabkan oleh infeksi virus.

    Demam berdarah dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang disebabkan infeksi virus, yaitu virus Dengue. Keluhan yang muncul antara lain:

    • Demam tinggi mendadak, umumnya berlangsung 5 hingga 7 hari.
    • Gejala perdarahan spontan, misalnya muncul petekie (bercak merah di kulit), mimisan, gusi berdarah, dan lain sebagainya
    • Kadang bisa disertai hepatomegali (pembesaran hati)
    • Gejala lainnya

    Selain gejala klinis di atas, untuk memastikan diagnosis penyakit DBD harus berdasarkan pemeriksaan laboratorium berupa penurunan kadar trombosit (trombositopenia), peningkatan hematokrit serta berdasarkan hasil pemeriksaan serologi antibodi dengue yang menunjukkan hasil positif atau pemeriksaan lainnya. Tidak mungkin menegakkan diagnosis DBD tanpa gejala klinis dan laboratoris di atas.
    Sehingga untuk kasus anak anda saya tak bisa mengatakan penyebab pastinya. Perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter baik berupa pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami. Oleh karena itu silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda. Pengobatan yang diberikan pun tergantung dari penyebab keluhan yang dialami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Demam Berdarah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.