• Saya sering mengalami dysmenorhea setiap menstruasi, saya belum menikah. Yang saya takutkan nyeri haid bisa memungkinkan susah punya anak. Apa benar dysmenorhea dapat mengakibatkan susah punya anak dok?

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Dismenore atau nyeri saat haid memiliki beberapa penyebab, bisa akibat reaksi normal namun bisa juga karena masalah di organ reproduksi wanita. Nyeri haid biasa dialami oleh beberapa wanita beberapa hari sebelum menstruasi (pre menstruasi sindrome) hingga hari – hari awal mens. Nyeri haid termasuk normal jika nyeri tidak berlangsung sangat hebat hingga mengganggu aktivitas. Ada juga beberapa penyakit organ reproduksi yang menyebabkan keluhan nyeri haid (dismenorea) yaitu antara lain:

    1. Infeksi pada organ reproduksi
    2. Endometriosis, yaitu penyakit dimana lapisan endometrium yang harusnya hanya ada pada rahim akan tetapi juga tumbuh di luar rahim.
    3. Pelvic inflamatory disease (PID) merupakan penyakit peradangan pada panggul akibat infeksi pada saluran tuba, indung telur ataupun bagian lainnya.
    4. Tumor organ reproduksi misal fibroid ataupun karena kista
    5. Penyebab lainnya

    Tidak semua penyebab dismenore di atas menyebabkan gangguan fertilitas atau kesuburan yang menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil. Oleh karena itu perlu dicari tahu terlebih dahulu penyebab keluhan nyeri saat menstruasi yang anda alami tersebut, baru kita bisa menentukan apakah hal tersebut menyebabkan sulit hamil atau tidak. Untuk memastikannya silakan periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis obstetri dan ginekologi (spOG) agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Dysmenorhea Menyebabkan Susah Punya Anak Dok?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.