• Dok, saya punya sumbatan di hidung berupa daging kecil.. ada yang bilang itu polip.. tapi ada yang bilang itu papiloma.. saya belum pernah periksa ke RS, tapi kalau dari gambar yang saya cari di internet lebih mirip papiloma.. sebenarnya perbedaan polip dan papiloma itu apa dok?

    Lalu saya juga ada masalah dengan cairan ingus saya.. saya periksa di klinik, mereka bilang sinusitis.. tapi cairan ingusnya itu cuma muncul ketika cuaca dingin, terlalu lama di ruangan ber-AC, setelah 3-4 jam minum minuman dingin, dsb. Kalau sakit di sekitar mata, atau di area yang menandakan sinusitis, jarang saya rasakan.. tapi cairan ingusnya mengganggu dok, susah untuk dibuang.. cairannya lengket banget, dan kalau sudah terlalu parah, ada darah yang menyatu dengan cairan ingusnya ketika dibuang dok.. itu beneran sinus atau gimana ya dok?

     

    Terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Polip nasi merupakan massa bertangkai yang tumbuh di dalam rongga hidung. Papiloma sendiri merupakan tumor jinak yang pertumbuhannya hampir mirip dengan polip tetapi lebih padat daripada polip nasi. Perlu dilakukan pemeriksaan histopatologi dengan mikroskop untuk memastikannya. Papiloma tumbuhnya sangat cepat dan mudah mendesak ke daerah yang berada di sekitarnya sehingga jika dibiarkan maka lama kelamaan akan bisa mengakibatkan kerusakan yang luas pada hidung.

    Sinusitis merupakan peradangan dan infeksi pada rongga sinus. Sinus berperan untuk menjaga keseimbangan pada rongga kepala manusia. Sinusitis bisa muncul pada sinus maksilaris, ethmoid, sphenoid atau sinus frontalis. Gejala yang  muncul pada rongga sinus berupa nyeri pada wajah tergantung sinus yang terkena (bisa pada dahi, pipi, belakang mata hingga hidung), bisa juga disertai keluhan demam, sakit kepala, keluar sekret atau ingus yang berwarna kuning kehijauan, hidung tersumbat dan bahkan bisa mengganggu pernapasan. Untuk memastikan seseorang mengalami sinusitis atau tidak perlu dilakukan juga pemeriksaan rontgen pada bagian rongga sinusnya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter terutama dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Gejala Papiloma dan Sinusitis seperti yang Saya Alami?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.