• Permisi dok. Saya ingin bertanya akhir-akhir ini saya sering nyeri ulu hati padahal tidak pernah terlambat makan, nyeri nya smpai daerah pusar, apalagi dalam keadaan perut kosong&malam hari, kadang di sertai BAB warna hitam. Apakah itu gejala tukak lambung? Mohon penjelasannya  ya dok.terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri ulu hati biasanya memang kerap diidentikkan dengan gangguan pada lambung karena memang organ inilah yang paling sering menyebabkan keluhan tersebut. Meskipun keluhan ini bisa disebabkan oleh penyakit di organ lain misalnya gangguan usus buntu. Gangguan pada lambung juga bisa beraneka ragam, mulai dari dispepsia hingga adanya tukak (ulkus) di lambung. Gangguan pada lambung bisa dicetuskan oleh banyak hal bukan hanya karena faktor telat makan saja, namun bisa karena sebab lainnya misalnya konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, mie,  makanan mengandung kolesterol tinggi, stress berat, akibat konsumsi obat – obatan yang mengiritasi lambung dan lain sebagainya.

    Keluhan BAB berdarah bisa juga disebabkan oleh banyak hal. Keluhan ini bisa saja terkait dengan gangguan di lambung misalnya karena mukosa lambung yang luka sehingga menimbulkan perdarahan. BAB berdarah karena gangguan lambung akan berwarna kehitaman akibat darah yang bercampur dengan asam lambung. Jika warna darah merah segar maka kemungkinan gangguan terjadi pada organ di bawah lambung. Untuk memastikan penyebab keluhan anda, ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut:

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    9 Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Obatnya


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Nyeri Ulu Hati Sampai Pusar, Apakah Gejala Tukak Lambung?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.