• Selamat malam dok

    Saya punya kaki jempol yang cantengan bulan maret kemarin saya di operasi kecil pengangkatan kuku, tapi belum jadi kuku sepenuhnya penyakitnya udah datang lagi malah lebih parah sampai dagingnya keluar, gimana ya dok ? Apa harus operasi lagi?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.
    Cantengan merupakan salah satu penyakit kulit dan jaringan sekitarnya yang sering terjadi dan angka kekambuhannya cukup tinggi. Penyakit ini dalam bahasa kedokteran disebut sebagai paronikia. Berulangnya penyakit ini sering terjadi pada individu yang memiliki kebiasaan menggunting kuku terlalu dalam, kebiasaan menggigit kuku, hingga iritasi kronis akibat air atau detergen atau karena penggunaan alas kaki yang terlalu sempit. Cantengan terjadi karena infeksi bakteri yang menimbulkan keluhan nyeri dan bengkak pada kuku dan jaringan lunak sekitarnya, serta bisa disertai timbulnya nanah hingga kematian kuku.

    Tidak semua cantengan harus dioperasi. Tergantung dari berat ringannya keluhan tersebut, masih vital atau tidakkah kuku yang ada dan lain sebagainya. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung terlebih dahulu baru saya bisa memutuskan terapi yang terbaik untuk kasus anda. Namun sebagai informasi umum jika keluhan cantengan telah menyebabkan terbentuknya abses (kantung berisi nanah), maka harus dilakukan tindakan operatif untuk melakukan sayatan / insisi yang bertujuan untuk mengeluarkan nanah. Selain itu jika kuku sudah tak vital lagi dan menyebabkan kematian kuku maka kuku harus diekstraksi atau dilepas dari bantalan kukunya. Pemberian antibiotik dan obat penghilang nyeri dan radang juga turut membantu menghilangkan kuman penyebab.

    Silakan anda memeriksakan langsung ke dokter untuk memastikan terapi yang paling tepat.

     

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Harus Operasi Kuku Cantengan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.