• Assalamu alaikum…

    Dok, begini saya memiliki anak umur 2 tahun sudah dua malam panasnya di atas normal, dan gejala yang saya liat itu .. demam, gatal dibagian pipi, lendir di hidung, muka kemerahan, sedikit batuk, nafsu makan menurun, dan pastinya rewel!!! Mohon masukan , saran, dan solusinya dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius. Penyebabnya beraneka ragam dan hampir tiap orang pernah mengalami keluhan ini. Demam memiliki karakteristik atau tipe demam yang membantu untuk menentukan kemungkinan penyebabnya, ada yang berupa demam tinggi mendadak, demam terus menerus sepanjang hari atau hanya waktu – waktu tertentu saja, dan lain sebagainya. Keluhan demam umumnya disertai keluhan lain yang menyertai. Pada kasus yang dialami anak anda, gejala penyerta demam berupa pilek, batuk, adanya lendir/ ingus di hidung serta nafsu makan menurun. Penyebab keluhan ini yang paling sering adalah karena infeksi di saluran napas. Mikroorganisme penyebab keluhan ini sangat banyak, bisa karena bakteri, virus, atau sebab lainnya.

    Tatalaksana atau pengobatan yang diberikan tergantung penyebabnya. Jika karena virus maka hanya perlu terapi simptomatik untuk mengatasi keluhan misal dengan pemberian paracetamol sebagai obat penurun panas, obat batuk misal OBH, gliceril guaiacolate atau obat pilek misal cetirizin, CTM dan dan lain sebagainya. Namun jika disebabkan karena bakteri maka perlu pemberian obat antibiotik, selain obat simptomatik yang diberikan. Silakan memeriksakan anak anda ke dokter terlebih dahulu agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung guna menegakkan diagnosis penyakit yang dialami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Demam dan Gatal-gatal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.