• Dok, saya mengalami batuk berdahak dan pilek udah 2 minggu, sy kira ini gejala flu biasa, tp akhir2 ini sering di sertai demam dan sakit kepala di bagian atas mata sekitar alis, kalau pagi2 juga sering keringat dingin , ingusnya brwarna kuning kental. Kira2 ini gejala flu atau apa dok? Apa yg harus saya lakukan dok? Trimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan batuk dan pilek bisa disebabkan karena infeksi saluran napas baik karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya. Sekret atau ingus yang muncul saat pilek ada yang encer dan bening namun juga ada yang kental berwarna kuning kehijauan. Hal ini dipengaruhi oleh ada tidaknya infeksi yang terjadi serta mikroorganisme yang menginfeksi. Jika batuk dan pilek ini berlangsung lama, maka infeksi tidak hanya terjadi pada rongga hidung saja namun sekret (ingus) yang terus keluar bisa terperangkap dan menumpuk di rongga sinus sehingga menimbulkan sinusitis atau peradangan pada rongga sinus.

    Sinusitis dibedakan menjadi dua berdasarkan waktu terjadinya yaitu sinusitis akut dan sinusitis kronis. Berikut akan dijelaskan beberapa gejala klinis yang muncul akibat sinusitis yaitu antara lain:

    1. Nyeri pada wajah, terutama pada bagian pipi, dahi, belakang mata, dan sekitar alis. Hal ini dipengaruhi rongga sinus yang terkena.
    2. Adanya ingus yang keluar, bisa berwarna putih hingga kuning kehijauan
    3. Demam
    4. Adanya post nasal drip (ingus yang mengalir ke kerongkongan)
    5. Dan gejala lainnya

    Untuk memastikan apakah anda terkena sinusitis atau tidak juga perlu pemeriksaan penunjang misal dengan foto rontgen waters. Oleh karena itu perlu pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Ini Flu atau Sinusitis?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.