• Malam dok saya mau tanya, waktu itu tiba-tiba perut saya seperti di remas sampai menyebabkan sesak nafas dan punggung bagian belakang saya terasa nyeri. Ditambah mual apakah itu ciri-ciri asam lambung atau penyakit lain dok? terima kasih ya dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan  nyeri perut yang terasa seperti diremas disertai sesak napas bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja karena infeksi pada saluran cerna, infeksi pada saluran napas, gangguan lambung (misalnya karena gastroesofageal refluks disease, ulkus lambung) dan lain sebagainya. Untuk memastikan penyebab pasti dari keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Hal ini penting dilakukan mengingat banyaknya kemungkinan penyebab keluhan tersebut.

    Gangguan lambung bisa menyebabkan keluhan berupa mual – mual, muntah, nyeri ulu hati dan lain sebagainya. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya keluhan ini antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi, gangguan psikosomatis misalnya stress berat, kelelahan fisik, efek samping penggunaan obat penghilang nyeri dan lain sebagainya. Gangguan lambung memang kerap menyebabkan keluhan seperti yang anda alami. Apalagi jika terjadi peningkatan asam lambung hingga ke tenggorokan atau biasa disebut gastroesofageal refluks disease (GERD). Namun tetap tidak bisa menyingkirkan kemungkinan sebab lainnya. Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Silakan baca artikel berikut ini:

    Dispepsia – Pengertian, Gejala & Pengobatan

    Penyakit GERD – Definisi, Gejala, Penyebab, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Gejala Asam Lambung? Jika Perut Nyeri dan Mual

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.