• Akhir2 ini saya merasakan keluhan di bagian pinggul, dan selangkangan hingga kaki yang terasa sakit. terkadang dibarengi payudara juga terasa sakit. saya pernah baca di internet bahwa keluhan saya ini mirip dengan gejala kista ovarium. menurut dokter bagaimana? dan jika memang kista ovarium atau penyakit yang lainnya,apa yang harus saya lakukan?

    mohon dijawab ya dok

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit di bagian pinggul dan selangkangan hingga kaki sebenarnya memiliki kemungkinan penyebab yang sangat banyak, misalnya akibat gangguan persarafan yang mempersarafi daerah tersebut, gangguan pada otot, atau akibat penyakit – penyakit tertentu. Tidak bisa hanya dengan gejala seperti itu lalu langsung mengarah kepada kista ovarium. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan.

    Kebanyakan kista ovarium tidak menimbulkan gejala dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun kista ovarium yang besar bisa menimbulkan rasa tak nyaman di bagian perut. Sebagai informasi untuk anda berikut akan saya sampaikan beberapa gejala kista ovarium yang mungkin dialami oleh pasien, antara lain;

    1. Nyeri pada panggul (pelvis). Nyeri bisa menjalar ke bagian pinggang belakang hingga ke paha.
    2. Nyeri panggul bisa terjadi saat mendekati periode menstruasi
    3. Nyeri juga bisa dirasakan saat melakukan hubungan seksual (dispareunia)
    4. Mual, muntah , dan payudara terasa tegang seperti yang dialami ibu hamil
    5. Rasa penuh di bagian perut
    6. Penekanan pada bagian perut di atas kemaluan bisa membuat pasien ingin berkemih lebih sering atau sering membuat pasien merasa tidak lampias sehabis berkemih.

    Namun itu hanya gejala umum saja. Perlu pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang misalnya USG untuk membantu mendeteksi penyakit. Silakan konsultasi dengan dokter secara langsung.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu

     

Beranda Tanya Dokter Kista Ovarium Sebabkan Nyeri Pinggul dan Selangakangan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.