• saya kls 10 sma, saya mengalami gejala bersin2, mata keluar air mata/mnjd merah, & rahang atas sakit spti sariawan, baru bisa dihilangkan jika minum minuman bervit c/buang ingus (kadang) dan terjadi ketika keadaan ruang/lingkup saya sedang berdebu/dingin (tertentu/ac tdk selalu bersin). Kata ortu saya mengidap/mengalami gejala sinus/alergi dingin tapi selama ini saya belum pernah dicek kedokter. Trm ksh dok

    Selamat malam vindy faradila, terimakasih atas pertanyaannya di mediskus.com

    Jika saya perhatikan ada dua masalah yanh terkait dengan keluhan bersin-bersin, mata dan hidung berair serta rasa sakit pada rahang bagian atas.

    Kemungkinan pertama adalah rhinitis alergi, yakni bersin-bersin, hidung gatal dan berair akibat terpapar oleh zat alergen atau penyebab alergi tertentu, penyebab alergi bisa berupa debu, asap, udara dingin, bulu binatang misalnya bulu kucing, dan sebagainya.

    Yang khas pada rinitis alergi adalah gejala bersin, hidung berair dan mata berair muncul hanya jika terpapar dengan alergen tersebut dan gejalanya akan berangsur-angsur membaik ketika penyebabnya tiada.

    Jadi upayakan untuk menghindari penyebab sebisa mungkin. Lebih lanjut baca di sini: Penyebab dan Pengobatan Rinitis Alergi

    Kemungkinan kedua adalah sinusitis, kondisi ini bisa merupakan lanjutan dari rinitis alergi apabila tidak segera diobati. Gejala utamanya adalah rasa sakit pada wajah di sekitar hidung termasuk rahang bagian atas dan juga dahi. Gejalanya bisa juga disertai dengan adanya post nasal drip atau terasa ada ingus yang mengalir dari hidung ke tenggorokan ketika bangun tidur di pagi hari pada saat posisi masih terlentang.

    Lebih lanjut, silahkan baca: gejala sinusitis

    Tidak mungkin dapat menentukan penyebabnya tanpa melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Oleh sebab itu sangat kami anjurkan agar anda segera memeriksakan kondisi Anda ke dokter, khususnya dokter spesialis THT sebelum kondisi kian memburuk.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Ini Termasuk Gejala Sinus?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.