• Dok, saya mau tanya, umur saya 22 th. Saya sudah dua minggu ini ada bercak merah pada tangan dan kaki, terutama ditelapaknya. Ada jg sebagian benjolan kecil seperti jerawat di kaki dan tangan yg berisi air. Setelah benjolannya pecah akan nampak seperti ganti kulit di telapak tangan dan kaki saya. Terutama bercak merahnya yang semakin menyebar dan gatal. Kira-kira saya mengalami penyakit apa ya? Dan bagaimana cara penanganannya? Trims.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bercak merah pada kulit telapak tangan dan kaki yang disertai gatal bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain sebagai berikut:

    1. Dermatitis venenata akibat toksin serangga, gigitan serangga, air liur serangga dan lain sebagainya bisa menyebabkan keluhan bintik merah yang berisi air dan juga terasa gatal.
    2. Skabies atau penyakit kulit akibat infeksi parasit Sarcoptes scabei bisa menyebabkan keluhan munculnya bintik merah berisi air yang terasa gatal. Rasa gatal terutama pada malam hari. Bercak merah bisa terjadi di semua bagian tubuh, namun tempat tersering antara lain adalah telapak tangan dan kaki. Penyakit ini bisa menular, sehingga biasanya yang terinfeksi tidak hanya pasien sendiri namun juga bisa menulari atau malah ditulari oleh anggota keluarga lainnya, teman sepermainan, dan orang lain yang berada dalam satu lingkungan.
    3. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bercak Merah di Telapak Tangan dan Kaki

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.