• slamat siang dok
    maaf dok sya mau tanya, dua hari lalu saya mengalami kram dibagian bawah perut,dan setelah itu keluar gumpalan darah sebesar ukuran 3 jari beserta darh segar,lalu sampai saat ini sya masih merasa mual dan pusing, yg mau sya tanyakan apakah sya sudh keguguran atau masih hamil ?terimaksih
    mhon dijawab dok :)

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kram perut disertai keluar darah dari vagina pada kehamilan muda bisa terjadi karena sebab normal asalkan rasa nyeri tidak berlangsung lama dan hanya terasa ringan serta darah yang keluar juga tidak berlangsung lama dan dalam jumlah sedikit. Keguguran atau  abortus sendiri merupakan salah satu penyebab tersering dari keluhan tersebut. Keguguran merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Untuk memastikan darah yang keluar dari kemaluan wanita merupakan akibat keguguran atau tidak maka perlu dilakukan pemeriksaan dalam dengan inspekulo dan atau pemeriksaan USG untuk memastikan janin di dalam kandungan. Tidak bisa hanya berdasarkan keluhan kram perut dan keluar darah dari vagina maka kita bisa menentukan apakah seorang ibu mengalami keguguran atau tidak.

    Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1.       Abortus iminens atau abortus yang mengancam,, artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran.

    2.       Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.

    3.       Abortus inkomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.

    4.       Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter terutama SpOG.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Keguguran, Tanda-tanda, dan Pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    td sya sudah kebidan namun blum cek usg dok, kata bidan kata nya gara2 kecapean jadi keluar flek sperti darah haid, setelah di tespack dia masih positif dok, dan rahim sudah terbuka sedikit apakah itu kguguran apa janin masih ada dok
    trimakasih dok :)

Beranda Tanya Dokter Apakah Keluar Gumpalan Darah Beserta Darah Segar Termasuk Keguguran

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.