• Sore dok

    Dok, sudah 3 hari merasa nyeri kepala hebat…

    Awalnya saya duduk, begitu saya berdiri langsung pusing dan nyeri kepala hebat… lalu penglihatan buram selama beberapa menit…

    Setelah itu penglihatan saya kembali normal, tapi setiap saya berdiri dari posisi duduk, tiduran, atau jongkok… Selalu kejadian yang sama..

    Apa itu gejala penyakit?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit kepala dan pandangan berkunang segera setelah pindah posisi kemungkinan bisa terjadi akibat hipotensi postural atau biasa juga disebut hipotensi ortostatik. Hipotensi postural merupakan suatu bentuk gejala tekanan darah rendah yang terjadi ketika seseorang tiba – tiba bangun/ berdiri dari posisi duduk maupun berbaring. Pasien bisa merasakan sakit kepala atau pusing, dan mungkin juga terasa sempoyongan.

    Hipotensi postural biasanya ringan, berlangsung hanya sebentar mulai dari beberapa detik hingga beberapa menit setelah berdiri. Namun hipotensi postural yang berlangsung lama juga bisa merupakan tanda suatu penyakit yang serius. Oleh karena itu ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter jika keluhan tersebut sering terjadi atau jika keluhan tersebut sampai membuat anda kehilangan kesadaran atau pingsan.

    Hipotensi postural yang ringan tidak butuh pengobatan. Banyak orang yang merasakan pusing ataupun terasa sempoyongan setelah berdiri, namun biasanya itu bukan masalah yang serius. Hipotensi postural yang berat akibat suatu penyakit tertentu dapat diterapi tergantung penyebabnya.

    Penyebab hipotensi postural ada beberapa hal antara lain jika merupakan hipotensi postural yang ringan mungkin disebabkan karena dehidrasi (kurang cairan), gula darah rendah akibat kurang asupan makanan, terlalu lama di udara panas, atau bisa juga karena duduk terlalu lama saat bekerja, dan lain sebagainya.

    Baca lebih lanjut tentang Hipotensi

    Namun jika keluhan sakit kepala berlangsung hebat, tubuh sangat lemas, hingga pasien pingsan (kehilangan kesadaran) ataupun keluhan seringkali berulang dan berlangsung lama, maka ada baiknya anda memeriksakan langsung ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Nyeri Kepala Hebat Gejala Penyakit?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.