• Salam sejahtera dok, saya berumur 16 tahun ingin bertanya apakah penyakit TBC Tulang dapat menyebar? Nenek saya baru baru ini diketahui menderita penyakit ini setelah diagnosis oleh dokter. Saya setiap pulang sekolah kan ke rumah nenek untuk makan dahulu. apakah saya jadi ikut tertular ya dok ? Soalnya saya juga nafsu makan jadi berkurang terus malem malem kadang keringat dingin sesuai gejala ? Apakah sebaiknya saya tidak ke rumah nenek lagi untuk mencegah penularan? Apa saran terbaik dokter untuk saya?Terima kasih dok atas jawabannya.

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tuberkulosis atau biasa disingkat dengan TBC merupakan penyakit infeksi akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini bisa menyerang paru – paru atau ekstra paru misalnya tulang, kelenjar getah bening, selaput otak dan lain sebagainya. Penyakit TBC paru merupakan salah satu penyebaran kuman ini yang paling sering. Penyakit TBC paru merupakan penyakit yang sangat menular. Sedangkan pada TBC ekstra paru misalnya TBC tulang berbeda karakternya dengan TBC pada paru. Sering disebutkan kuman TBC pada tulang bersifat tertutup artinya TBC tulang tidak menular seperti halnya TBC paru. Oleh karena itu anda tidak perlu terlalu khawatir akan tertular penyakit ini.

    Bagian tulang rahang bawah atau biasa disebut juga mandibula serta bagian  tulang belakang merupakan bagian tulang yang cukup sering terinfeksi kuman ini. Tuberkulosis tulang merupakan suatu penyakit peradangan kronik dan bersifat destruktif (merusak/ menghancurkan).  Perkembangan kuman TBC di dalam tubuh sebenarnya cukup lambat dan sangat dipengaruhi oleh daya tahan tubuh pasien itu sendiri. Pada saat ini bukan hanya orang dengan kondisi sosioekonomi rendah saja yang bisa terserang TBC, namun juga ikut terjadi pada orang dengan kondisi sosial ekonomi yang tinggi.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu dan mencerahkan kekhawatiran yang anda rasakan.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyakit TBC Tulang Dapat Menyebar?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.