• Selamat pagi dok,

    dokter umur saya 18 tahun.
    saya ingin bertanya 1 minggu ini mata saya bagian berwarna putih berubah menjadi menguning, ketika saya mengangkat kelompak mata saya warnanya tidak kuning cerah dan kadang terasa sedikit perih serta pandangan sedikt kabur namun hanya berlangsung sekitar 2 menit saja.
    Kenapa bisa ya dok dan apa berbahaya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bagian putih pada mata disebut sebagai sklera. Seharusnya sklera berwarna putih namun sklera bisa berubah warna menjadi kuning jika ada penyakit tertentu yang mengganggu kadar bilirubin dalam darah. Pada kasus yang anda alami harus dipastikan apakah benar yang terjadi pada mata anda adalah warna kuning atau bukan. Karena jika benar warna kuning maka tidak mungkin hanya terjadi dalam hitungan menit saja. Warna kuning pada mata seperti yang saya jelaskan sebelumnya terjadi karena peningkatan kadar bilirubin. Hal ini bisa disebabkan misalnya pada penyakit:

    1.       Hepatitis atau infeksi pada hati. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus hepatitis baik virus hepatitis A, B, C hingga G. Gejala yang muncul bisa berupa demam, warna kuning pada tubuh termasuk mata, lidah, kulit dan juga gejala lainnya

    2.       Sirosis hepatis, merupakan penyakit fibrosis pada hati yang merupakan tahap akhir dari penyakit hati. Sirosis hati bisa berlanjut karena hepatitis B dan C yang tak terobati, pengaruh alkohol dan lain sebagainya

    3.       Penyebab lainnya

     

    Pada kasus anda mungkin saja mata anda sebenarnya bukan berwarna kuning, namun kekeruhan karena mata lelah, dan lain sebagainya. Untuk memastikanp penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Penyebab Mata Menguning dan Apakah Berbahaya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.