• Dok,,saya mau tanya,apakah pil kb dapat melancarkan menstruasi setelah lama tidak menstruasi akibat kb sunti 3 bulan.dan apa bila dapat menstruasi,apakah menstruasi dibulan itu bisa dikatakan masa subur.karena 3 bulan kb suntik tidak menstruasi sama sekali.

    Selamat pagi terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Sebelum menjawab pertanyaan Anda “apakah pil KB dapat merangsang menstruasi” berikut kami jelaskan terlebih dahulu masing-masing kontrasepsi hormonal yang sudah atau hendak Anda gunakan.

    KB suntik 3 bulan merupakan jenis KB hormonal yang mengandung preparat hormon progesteron, ketika kadar hormon ini tinggi pada tubuh seorang wanita maka efek yang paling sering muncul adalah tidak terjadinya menstruasi dan dengan demikian kondisinya tidak subur sehingga tidak akan terjadi kehamilan.

    Sedangkan KB hormonal yang berbentuk pil mengandung dua jenis hormon estrogen dan progesteron, jika kedua hormon ini tinggi dalam tubuh wanita maka tidak terjadi ovulasi juga, namun masih bisa menstruasi karena jadwal minumnya memang sudah diatur dalam paket.

    Menstruasi akan normal kembali ketika Anda menghentikan penggunaan jenis kontrasepsi hormonal ini, namun membutuhkan waktu yang tak sebentar. Pada KB suntik 3 bulan bisa berbulan-bulan untuk mendapatkan menstruasi dan subur kembali. Jadi yang terbaik agar mendapatkan menstruasi lagi adalah dengan cara menunggu.

    Namun demikian, beberapa dokter dan bidan ada yang menganjurkan untuk menggunakan pil KB agar bisa mendapatkan menstruasi, namun ini cara ini tidak selalu berhasil. Dan ketika menstruasi terjadi, sedangkan Anda masih minum pil KB, maka setelah menstruasi itu bukanlah masa subur.

    Kami lebih menganjurkan agar Anda menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat cukup, makan teratur dengan gizi seimbang, rajin olah raga, dan hindari stress seraya menunggu agar kadar hormon kembali normal dengan lebih cepat.

    Sekian jawaban dari kami, semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Pil KB Dapat Merangsang Menstruasi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.