• terkadang saya geli2 di lubang dubur,, saya juga terkadang mengompol padahal umur saya sudah termasuk dewasa, mudah tersinggung,, badan kurus..walaupun sudah beli obat penggemuk badan,, tapi badan tetap kurus.. mohon jawaban nya dok?

    Selamat pagi.
    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cacingan merupakan kondisi yang cukup sering ditemui oleh beberapa individu. Penyebab cacingan ada beberapa macam jenis cacing. Tidak semuanya menyebabkan keluhan gatal di anus atau menurunnya berat badan. Hal ini sering menjadi mitos yang berkembang di masyarakat.

    Penyebab cacingan bisa disebabkan oleh cacing tambang, cacing pita, cacing usus dan lain sebagainya. Gejalanya pun berbeda – beda tergantung jenis cacingnya, tempak berkembangnya cacing di dalam tubuh dan lainnya. Untuk cacing kremi misalnya biasanya terjadi pada anak- anak, bisa keluar cacing kremi lewat anus atau saat buang air besar, kebiasaan menggaruk anus terutama saat malam hari dan lain sebagainya.

    Keluhan yang anda sampaikan berupa gatal di anus, berat badan yang tidak mau meningkat merupakan gejala umum yang bisa disebabkan oleh penyakit lainnya, sehingga perlu digali gejala lain yang menyertai keluhan anda serta perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan guna menegakkan diagnosis.

    Untuk keluhan mengompol juga sebenarnya tidak ada kaitannya dengan cacingan. Hal ini menjadi salah satu mitos yang berkembang di masyarakat. Kebiasaan mengompol di usia yang sudah cukup besar lebih sering terkait dengan faktor psikosomatis, ketidakmampuan untuk mengontrol rasa ingim berkemih dan sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu. Selamat pagi.

Beranda Tanya Dokter Gatal-gatal di Anus Apakah Tanda Cacingan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.