• Setelah brhenti kb 3 bulan saya suntik kb 1 bulan setelah itu saya tidak KB lg, apakah saya hamil? tespek pun hasilnya negatif. Apa yang harus saya lakukan supaya tidak hamil dan bs mens?

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan terlambat menstruasi tidak selalu berkaitan dengan kehamilan, apalagi jika baru berlangsung beberapa hari atau beberapa minggu. Keluhan terlambat menstruasi bisa disebabkan karena faktor kelelahan fisik, stress, nutrisi yang kurang, efek KB hormonal (terutama KB 3 bulan), penyakit di organ reproduksi, kehamilan atau karena sebab lain.

    Terlambat haid karena efek KB hormonal seperti KB suntik 3 bulan bisa berlangsung lama mulai dari 1 -2 bulan hingga 6 bulan atau malah lebih. Hal ini karena kandungan hormon masih terdapat di dalam tubuh akseptor KB meskipun KB sudah dihentikan. Sehingga membuat rahim dan juga organ reproduksi lainnya membutuhkan waktu untuk istirahat serta mengembalikan keseimbangan hormonal ke kondisi semula.

    Untuk kehamilan sendiri, harus dibuktikan dengan pemeriksaan penunjang, misal USG, test pack dan lain sebagainya. Yang paling sederhana dan mudah digunakan adalah test pack. Namun pemeriksaan dengan alat tes kehamilan ini seringkali belum terdeteksi hari – hari awal kehamilan. Tes pack paling sensitif bisa mendeteksi kadar hormon hCG di urine wanita hamil sekitar 7 sampai 10 hari paska waktu ovulasi terdahulu. Pada siklus haid 28 hari, waktu ovulasi terjadi pada hari ke 14 sehingga waktu 7 sampai 10 hari paska ovulasi terdahulu yaitu sekitar 7 sampai 4 hari sebelum periode haid berikutnya.
    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya ,semoga dapat membantu.

     

    Terima kasih dok atas info dan sarannya, info dan sarannya sangat bermanfaat buat saya

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Hamil, Hasil Tespek Negatif?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.