• dok, saya mau tanya ..saya lepas kb suntik sudah hampir 7 bulan..saya lepas KB juga karna haid saya tidak lancar..saya juga sudah test pack tp hasil negatif.. kenapa ya sy jadi bingung?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penggunaan alat kontrasepsi hormonal apapun itu jenisnya baik pil KB, KB suntik 1 bulan, KB suntik 3 bulan dan lain sebagainya bisa memiliki efek samping berupa gangguan menstruasi, baik tidak haid sama sekali atau malah siklus haid yang lama dan jumlah darah yang keluar banyak. Setelah anda lepas KB hormonal pun, terutama untuk KB suntik 3 bulan, tubuh seringkali membutuhkan waktu untuk pemulihan mulai dari menyeimbangkan hormon kembali, mempersiapkan uterus (rahim) untuk siap dibuahi kembali dan lain sebagainya. Proses ini berbeda – beda antara tiap individu, ada yang relatif cepat namun juga ada yang lebih lambat sehingga tidak heran setelah lepas KB pasien tidak bisa langsung menstruasi seperti biasa namun butuh waktu untuk menyeseuaikan diri. Ada yang bisa langsung haid namun ada juga yang butuh waktu lebih lama misalkan lebih dari 6 bulan.

    Kehamilan sebenarnya baru bisa terjadi ketika uterus (rahim) telah siap sebagai tempat implantasi hasil pembuahan sel telur dan sel sperma. Ketika dinding rahim belum siap maka sel telur yang telah dibuahi itu tidak bisa menempel pada dinding uterus dan bisa luruh sehingga tidak menimbulkan kehamilan. Jadi saran saya jangan terlalu khawatir, perbaiki saja asupan makanan anda, jangan beraktivitas terlalu lelah, rilekskan pikiran anda jika anda ingin hamil. Persiapan – persiapan diri seperti itu sangat membantu seseorang agar bisa hamil kembali. Kehamilan yang baru beberapa minggu juga kadang belum bisa terdeteksi oleh alat test pack. Silakan periksakan diri langsung ke dokter untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda jika memang berlangsung lebih lama lagi dan sangat mengganggu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Hamil atau Pengaruh Hormon?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.