• Dok, saya sdg menjalani promil di dokter obgyn. Kata dokter jika terlambat haid 2 minggu di haid selanjutnya hrs periksa. Skrg saya sudah terlambat haid 1minggu. 2hri sblm wktu haid saya msk rmh sakit krna vertigo. Yang saya rasakan sebelum msk rmh sakit nafsu makan bertambah, perut kembung, kram perut, pusing. Mungkinkah saya hamil dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jika ditanyakan tentang kemungkinan hamil pada anda maka jawabannya mungkin saja. Namun keluhan anda tersebut bukanlah tanda pasti pada kehamilan. Karena keluhan – keluhan tersebut bisa saja muncul pada kondisi lainnya seperti saat mendekati massa menstruasi (pre menstrual sindrom) atau karena masalah kesehatan tertentu. Tanda – tanda kehamilan bisa dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil seperti mual, muntah, perut membesar, telat mens, dan lain sebagainya. Sedangkan tanda pasti hamil berupa ditemukannya detak jantung janin, ditemukannya kantung kehamilan pada rahim ibu dan lainnya. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan penunjang untuk memastikan tanda pasti hamil misalnya dengan USG.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) termasuk salah satu tanda mungkin hamil karena ada kondisi lain yang bisa memberikan hasil positif misalnya pada kehamilan di luar kandungan, mola hidatidosa dan lainnya. Namun pemeriksaan ini cukup membantu dan sangat mudah dilakukan untuk membantu menentukan kehamilan. Tes pack baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Untuk memastikan kehamilan anda silakan anda periksakan secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.