• Selamat malam dok,  saya umur 26th, rasa haus saya sangat besar 1 galon (19lt) bisa habis dalam jangka hanya 1-2 hari kebiasaan itu sudah terjadi semenjak saya berusia 10th atau waktu masih SD sampai dengan sekarang begitupun dengan kencing sangat sering sekali tapi tidak menimbulkan rasa sakit, saya juga sering kesemutan jika duduk sila terlalu lama atau di tindih, polifagi tapi berat badan malah naik. Mohon jawabannya dok,. terimakasih

    Hs

    Sutrisno

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Diabetes melitus (kencing manis) memang memiliki gejala klasik berupa poliuri (sering kencing), polifagi (sering makan), dan polidipsi (sering minum). Namun untuk menegakkan diagnosis diabetes melitus tidak hanya berdasarkan gejala klasik tersebut saja namun perlu pemeriksaan kadar gula darah untuk memastikannya. Seseorang dengan trias klasik tersebut tetap harus memiliki kadar gula darah sewaktu (pemeriksaan gula darah saat tidak puasa) ? 200 mg/dl agar bisa dipastikan sebagai seorang penderita diabetes melitus. Seseorang yang tidak memiliki gejala klasik juga bisa dikatakan mengalami diabetes melitus jika dari hasil pemeriksaan diketahui kadar gula darah puasanya ? 126 mg/ dl atau kadar gula darah 2 jam post prandial (2 jam sesudah diberi gula 75 gram dalam 250 ml air) ? 200 mg/ dl.

    Oleh karena itu untuk mengetahui anda mengalami diabetes melitus atau tidak maka perlu dilakukan minimal pemeriksaan gula darah sewaktu (GDS) atau sebaiknya dilakukan pemeriksaan gula darah puasa (GDP) ataupun gula darah 2 jam post prandial (GDPP).

    Untuk keluhan minum anda yang sangat banyak sebenarnya bisa saja akibat terbiasa sejak lama konsumsi air dalam jumlah banyak sehingga tak selalu karena kencing manis. Begitupun dengan keluhan sering kencing akan sangat wajar jika konsumsi air dalam jumlah yang sangat banyak. Polifagi juga tak selalu dikaitkan dengan kencing manis namun karena nafsu makan yang memang tinggi dan lain sebagainya. Keluhan kesemutan setelah duduk lama juga sangat wajar sekali terjadi akibat penekanan pada saraf di daerah tersebut dalam waktu lama.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Apakah berbahaya dengan pola minum saya yang seperti itu, karena sangat tidak normal dari orang pada umumnya, akan tetapi pada pada waktu kecil pernah di periksa ke dokter dan di ronsen tidak di temukan penyakit ataupun sesuatu yang janggal. Teimakasih

    Tidak masalah.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Kena Diabetes

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.