• Malam dok. Saya mau bertanya..

    Dulu, di kedua ketiak saya terdapat benjolan sebesar kacang tanah, terasa sakit, tapi setelah beberapa hari, benjolan tersebut hilang dgn sendirinya. Tetapi hari hari berikutnya dia akan muncul lagi dgn jumlah lebih banyak (2 atau 3), dan tdk menimbulkan sakit yg seberapa.  Kemudian, sudah berbulan bulan sy tdk mengalami lg hal tsb, dan skrg saya mengalaminya lg.

    Sekitar 1 bulan yg lalu, benjolan tsb timbul lg dan dapat dipecahkan dan mengeluarkan cairan kuning yg lumayan banyak. Lalu kempes. Skrg benjolan itu timbul lg di ketiak kanan (sebelumnya di kiri) , dan benjolan ini paling besar diantara yg pernah saya alami sebelumnya. Besarnya seukuran kelereng dan menimbulkan sakit yg cukup bisa dirasakan sampai mengganggu aktivitas saya. Kira kira apa hal ini membahayakan dok? Apakah hal yg saya alami dapat berpotensi menjadi kanker payudara atau penyakit setaranya?

    Saya perempuan umur 16th. Berat badan 84kg. Kondisi fisik dapat dibilang sehat, saya berolahraga cukup dan aktif.

     

    Terimakasih dok.. salam sukses.

    Selamat malam, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter gratis di mediskus.com

    Ada banyak penyebab benjolan di ketiak, mulai dari infeksi (sering terjadi) sampai penyakit kanker kelenjar getah bening yang menakutkan (lebih jarang), apalagi pada wanita yang memang hal ini erat kaitannya dengan masalah pada kanker payudara.

    Menyimak keluhan dan gejala-gejala yang Anda sampaikan, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan benjolan di ketiak tersebut, antara lain:

    Infeksi

    Infeksi, hal ini terjadi ketika kuman masuk melalui pori-pori atau kelenjar keringat pada ketiak. Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini antara lain:

    • Kebersihan yang kurang baik.
    • Mencabut atau mencukur bulu ketiak dengan cara yang kurang bersih.
    • Sering menggunakan deodoran.
    • Sering berkeringat.

    Apalagi cairan kuning yang dimaksud adalah nanah (?) tanda lainnya berupa rasa sakit, terkadang badan demam. Penanganannya adalah mengeluarkan nanah dan minum obat antibiotik untuk membunuh bakteri (atas saran dokter).

    Kista Sebasea

    Sebuah benjolan yang berasal dari kelenjar lemak di lapisan bawah kulit ketiak. Benjolan tersebut berisi cairan berwarna kekuningan (lemak) yang sangat kental (lebih kental dari nanah). Biasanya tidak terasa sakit, kecuali mengalami infeksi juga. Cairan bisa saja keluar lalu benjolan di ketiak kempes, namun suatu saat bisa muncul lagi.

    Penanganannya adalah operasi kecil mengangat benjolan beserta kapsulnya (hanya dilakukan oleh dokter).

    Kanker Kelenjar Getah Bening

    Kemungkinannya kecil, karena pada tumor atau kanker membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh, benjolan awalnya kecil lalu lambat laun membesar. Pada kanker kelenjar getah bening sering disertai dengan badan kurus tanpa sebab yang jelas dan sering mengalami demam ringan. Biasanya ada benjolan lain selain di ketiak, misalnya leher atau payudara.

    Akhir kata, untuk memastikan penyakit apa yang menyebabkan benjolan di ketiak tersebut langkah terbaik adalah memeriksakan secara langsung ke dokter.

    Sekian jawaban dari kami, semoga bermanafaat.

Beranda Tanya Dokter Benjolan di Ketiak, Gejala Kanker Getah Bening?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.