• Dok saya mau tanya nih. Sekitar 2 minggu lalu saya melakukan perbuatan beresiko dua hari  berturut turut dengan orang yg berbeda. Orang yang pertama saya menggunakan kondom, tapi saya lepas sebelum saya ejakulasi. Sekitar 20 menit.

    Dengan orang yang kedua saya tidak berhubungan badan cuman ‘oral’ saja dok.. Sekarang tenggorokan saya sakit, gangguan pencernaan, muncul lesi di lidah dan mengalami depresi berat.

    Apakah saya positif HIV dok? Apa yg harus saya lakukan sekarang dok.. Terimakasih jawabanya dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Melakukan hubungan seksual dengan berganti – ganti pasangan memang merupakan tindakan yang beresiko terhadap penularan HIV – AIDS dan penyakit menular seksual lainnya. Apalagi jika tindakan tersebut tanpa mendapat perlindungan alat kontrasepsi kondom maka akan semakin meningkatkan resiko penularan. Namun perlu diingat bahwa HIV AIDS baru bisa menularkan jika memang partner hubungan seks anda memang sudah terinfeksi virus tersebut. Jika pasangan anda tersebut tidak sedang terinfeksi HIV maka tidak ada resiko yang terjadi. Penyakit HIV AIDS memang menjadi ancaman yang menakutkan. Oleh karena itu saran saya sebaiknya anda menjaga perilaku hubungan seksual yang aman artinya tidak berganti – ganti pasangan dan sebaiknya menggunakan alat pelindung berupa kondom.

    Gejala HIV AIDS juga tidak bisa langsung muncul dalam beberapa hari seseorang kontak dengan virus tersebut. Perlu waktu bertahun – tahun baru bisa menimbulkan gejala karena penyakit ini memiliki masa inkubasi yang cukup lama hingga akhirnya akan menimbulkan gejala pada tubuh manusia. Sehingga seringnya pada tahap awal tidak ada pasien yang bisa mengetahui bahwa ia sedang terinfeksi virus tersebut. Untuk memastikan apakah seseorang sedang terinfeksi atau tidak perlu serangkaian pemeriksaan. Oleh karena itu silakan periksakan langsung ke dokter untuk memastikannya.

    Silakan baca artikel berikut:

    HIV/AIDS

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terkena HIV Setelah Gonta-ganti Pasangan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.