• Dok,saya mau tanya.. Saya menikah 16 januari 2016, Nah pada bulan itu saya tidak haid. Apakah itu bahaya atw tdk dok?

    Pada bulan februari saya haid tapi perut saya agak sakit tidak seperti biasa.. 12 maret saya haid lagi tapi darahnya gk seperti biasa agak hitam dan tidak banyak, saya juga tidak ada merasakan tanda mau haid seperti bulan2 sebelumnya..

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan haid sering kali mengganggu tiap wanita yang mengalaminya. Keluhan ini biasanya berupa haid yang tidak lancar ataupun tidak teratur. Sebagai informasi, periode haid normal berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Setiap siklus menstruasi biasanya berlangsung sekitar 3 hingga 7 hari dengan jumlah darah yang keluar berkisar 40 hingga 60 ml per hari. Keluhan haid yang tak teratur atau tidak datang tiap bulannya bisa disebabkan oleh berbagai macam hal bisa karena salah satu respon normal tubuh sehingga bukan menjadi masalah namun juga bisa disebabkan penyebab lain yang lebih berat.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Kelelahan fisik sering menjadi faktor pencetus gangguan haid.
    2. Faktor psikis atau stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    3. Berat badan yang sangat rendah atau asupan makanan yang kurang, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Pada wanita yang baru mengalami haid kurang lebih 1 hingga 2 tahun sesudah mulai periode haidnya, sering mengalami terlambat haid karena hormon masih mengalami proses pengaturan. Hal ini menyebabkan pada individu tersebut sering mengalami keluhan terlambat haid.
    6. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    7. KB hormonal terutama KB 3 bulan
    8. Penyebab lainnya

    Untuk kasus anda sebaiknya diobservasi dulu periode haid yang terjadi dengan menjaga asupan makanan, istirahat cukup, rilekskan pikiran dan olahraga teratur. Jika keluhan berlanjut silakan periksakan diri anda secara langsung ke dokter agar mendapat pemeriksaan secara langsung guna menegakkan diagnosis keluhan yang anda alami.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terkena Penyakit Kerena Tidak Haid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.