• Siang dok, saya berusia 19 tahun. 4 hari yang lalu saya mengalami rasa susah buang air besar dan badan saya terasa nyeri pada saat itu rasanya kondisi perut saya sering sekali mules tapi hanya sedikit feses yg keluar. Keesokan harinya karena badan saya masih terasa ngilu saya membeli dan mengkonsumsi obat ibuprofen dan obat Biodiar untuk membantu mengatasi rasa sakit perut saya. Pada hari ketiga feses saya mulai mengeluarkan warna hitam dan terkadang perut saya terasa nyeri bahkan setelah BAB, pada hari ketiga ini saya sudah stop mengkonsumsi semua obat obatan. Pada hari ini (hari keempat) feses saya masih berwarna hitam dan perut saya masih terasa nyeri dan susah untuk BAB. Apakah ini termasuk gejala Tukak Lambung atau hanya panas dalam biasa?

    Terima Kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Lambung memiliki selaput yang melindungi dinding lambung dari asam lambung. Namun ada beberapa hal yang menyebabkan fungsi proteksi ini berkurang antara lain karena asam lambung yang meningkat atau karena selaput pelindung yang mulai menipis. Penyebabnya beraneka ragam mulai dari kebiasaan terlambat makan, konsumsi obat penghilang nyeri dalam jangka panjang hingga infeksi bakteri Helicobacter pilori. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya tukak lambung yang memiliki gejala sebagai berikut:

    Nyeri perut terutama di ulu hati. Nyeri bias menjalar ke leher, pusar, atau pun punggung.
    2.       Keluhan nyeri makin terasa saat perut kosong dan akan berkurang sementara saat perut diisi oleh makanan atau saat diberikan obat penurun asam lambung.

    Bisa juga disertai keluhan mual, muntah, tidak nafsu makan dan gejala gangguan cerna lainnya
    Jika tukak lambung bertambah parah maka bisa menyebabkan perlukaan lambung sehingga menyebabkan timbulnya keluhan BAB berdarah berwarna hitam akibat darah yang bercampur dengan asam lambung
    Keluhan lainnya
    Perlu dipastikan apakah BAB warna hitam yang anda alami adalah karena campuran darah atau hanya karena makanan tertentu atau tinja yang mengendap lama. Untuk memastikan silakan dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat diketahui penyebab pastinya. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

Beranda Tanya Dokter Apakah Saya Terkena Penyakit Tukak Lambung?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.