• Salam Kenal Dok

    Saya sudah hampir 2 minggu mengalami flu yg tidak kunjung berhenti, hanya yg saya tanyakan kenapa ketika saya berbicara di daerah hidung saya terasa tersumbat seperti ingin mengeluarkan ingus, cuma dia tidak bisa di keluarkan melalui hidung akhirnya saya keluarkan melalui mulut dah setelah keluar terasa lega baik di tenggorokan saya maupun di hidung, tapi saya tidak mengalami pusing2 di kepala dan sakit2 pada bagian wajah saya seperti yg saya baca..ingus atau lendir yg keluar kadang berwarna kuning dan kadang berwarna bening..mohon informasinya dok..trimakasih

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan pilek yang berlangsung lama bisa disebabkan dan dicetuskan karena banyak hal antara lain karena daya tahan tubuh yang menurun, alergi (misalnya karena debu, bulu binatang dan lain sebagainya), faktor pekerjaan (misal kerja di kawasan industri, pabrik semen dan sebagainya), atau karena faktor lainnya. Sekret atau ingus yang muncul saat pilek ada yang encer dan bening namun juga ada yang kental berwarna kuning kehijauan. Hal ini dipengaruhi oleh ada tidaknya infeksi yang terjadi serta mikroorganisme yang menginfeksi. Jika ingus (sekret ) bersifat encer maka akan lebih mudah dikeluarkan, lain halnya jika ingus sangat kental maka akan umumnya akan menyumbat dan sulit untuk dikeluarkan lewat hidung. Ingus yang mengalir lewat tenggorokan disebut juga dengan post nasal drip.

    Ada banyak penyebab munculnya post nasal drip antara lain karena:

    • Infeksi saluran napas
    • Alergi (disebut juga alergi post nasal drip)
    • Sinusitis
    • Obat – obatan tertentu
    • Corpus alienum (adanya benda asing pada hidung)
    • Dan masih banyak lagi

    Jika keluhan pilek berlangsung lama maka ada baiknya diperiksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan yang tepat tergantung dari penyebab keluhan tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Gejala Sinusitis?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.