• asalamualaikum dok nama saya hawari saya ingin bertanya masalah cantengan

    Saya cantengan dari dua bulan yang lalu .pertama kaki yang kanan kedua kaki yang kiri . Kaki kanan saya cantengannya sudah keluar nanah dan darah tapi tidak bau. Kaki yang kiri saya tidak keluar nanah tapi hanya bengkak. Tapi di kaki kanan tidak ada tanda tanda adanya nanah disekitar kuku. Adanya bengkak saja .

    Itu cara mengobati nya bagaimana ya dok trims

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Cantengan atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai paronikia. Paronikia merupakan infeksi pada kuku dan jaringan lunak di sekitar kuku. Tanda yang muncul berupa keluhan nyeri, bengkak, merah, dan kadang bisa keluar darah dan nanah pada bagian kuku yang bermasalah. Pengobatan yang diberikan ada beberapa hal antara lain:

    Obat  -obatan. Ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi cantengan. Obat yang diberikan berupa antibiotik untuk membunuh kuman penyebab dan juga obat simptomatik lainnya misalnya obat penghilang nyeri dan bengkak.
    Ekstraksi kuku merupakan langkah selanjutnya yang bisa dilakukan jika pemberian obat – obatan tidak memberikan hasil yang baik. Tindakan ekstraksi kuku merupakan tindakan bedah minor untuk melakukan pencabutan kuku yang terinfeksi. Biasanya tindakan ini dilakukan pada kuku yang sudah nekrosis atau mati akibat infeksi yang berlangsung. Diharapkan setelah dilakukan tindakan pencabutan pada kuku yang bermasalah, maka akan tumbuh kuku baru yang sehat.
    Ada baiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik guna memastikan kondisi yang anda alami serta agar dapat diberikan tatalaksana yang paling tepat sesuai kondisi anda, apakah masih bisa dengan obat – obatan atau harus dilakukan tindakan ekstraksi kuku.

    Silakan baca artikel berikut:

    Jempol Kaki Cantengan

    Cantengan Jempol Kaki

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Obat Cantengan yang Mengeluarkan Nanah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.